Medan (part 2) – Sekrup Terkutuk

Mengapa harus ada temuan ini…sekrup dengan kepala bintang 6 (bahasa kerennya = Torx screw). Tadi malam saya terpaksa terus-terusan mengumpat “terkutuk orang yang menciptakan sekrup dan obeng bintang 6 ini” X-(. Juga terkutuklah orang yang pakai sekrup model ini untuk membuat mesinnya.

Sekrup model seperti ini butuh obeng khusus pula untuk membukanya. Untuk membuka sekrup model begini kita harus pakai obeng khusus (Torx driver). Lihat gambar obeng khusus ini:

Sialnya juga saya membawa obeng kombinasi macam itu. Gagangnya yang cukup lebar membuat saya tidak leluasa (bahkan tidak bisa) membuka sekrup yang berada pada posisi yang sulit. Karena menggunakan obeng kombinasi, gagang obeng seringkali mentok di sisi tertentu sehingga sulit sekali memutar sekrup. Terpaksa diputar sedikit demi sedikit (milli demi milli).

Heran saya kenapa harus ada sekrup model begini, apa sih untungnya pakai sekrup model seperti ini? Lebih aman gitu? Ah…lebih nyusahin itu pasti X-(. Kenapa tidak pakai sekrup yang umum saja (dengan kepala min atau plus). Obeng min dan obeng plus kan lebih banyak dan gampang dijumpai di pasaran. Mau pinjam juga kan lebih gampang. Tulisan penuh kekesalan ini saya tulis setelah semalaman berkutat dengan mesin Fujitsu Siemens Scalar 100. Mesin ini adalah tape library seperti ini :



Anyway, thanks to
Pak Irwanto atas pinjaman obeng Torx-nya.

4 thoughts on “Medan (part 2) – Sekrup Terkutuk

  1. Teddy,

    Dunia memang penuh dengan rintangan, sebagian orang berkutat dengan macet, sebagian hujan dan banjir, dan sebagian juga berkutat dengan “God d***” Scalar100 dengan baut Torx.

    Tapi ada jurus jitu, make kunci L bintang buat berurusan dengan torx screw. Saya cuma bisa berdoa cobaan semacam ini segera cepat berlalu. Dan turut bersimpati buat pengalaman di Medan, karena saya juga sekarang masih nongkrong kedinginan di sudut Jakarta.

    WIsh me luck
    -newkidontheblock-

  2. @ dwi : selamat berjuang mas Dwi :)) ya sebenarnya yang membuat saya memaki-maki sekrup tadi kan karena saya sendiri hanya bawa toolkit seadanya. Tapi tetap saja lah saya sih heran kok ada ya orang yang menciptakan sekrup model begini…

  3. Scrup model diatas (torx screw red) sepertinya “Produk Negara Yahudi” karena gambarnya sama dengan bentuk bendera Israel Laknatullah…
    semoga gue gak ketemu scrup entu.. karena udah pasti kebencian gue ame israel pasti gue lampiasin ke scrup tersebut

Leave a Reply