Count The Balls

Count The Balls adalah judul foto saya ini :

Foto di atas adalah salah satu koleksi foto-foto saat liburan ke Singapura Desember lalu. Aslinya foto tersebut tidak terlalu menarik, terlalu luas tanpa POI (point of interest). Foto aslinya seperti ini :

Foto aslinya tidak mampu bercerita seperti apa yang saya pikirkan waktu itu. Bandingkan foto asli itu dengan foto pertama, menurut saya foto pertama sudah mampu bercerita. Orang sepintas akan mengerti mengapa judul fotonya adalah “Count The Balls”.

Saat sedang duduk-duduk di Marina Bay, saya lihat 2 anak itu bermain-main di dekat pagar pembatas. Tak lama mereka nungging seperti itu, entah melihat apa ke bawah sana.  Mungkin mengagumi bola-bola yang sedemikian banyak di air. Di latar belakang ada banyak bola-bola putih di air (itu laut atau sungai ya…lupa nanya waktu itu). Bola-bola itu katanya dipasang untuk acara malam tahun baru 2009. Posisi saya duduk dengan kedua anak itu cukup jauh. Sayang lensa saya terlalu pendek, zoom sudah maksimum tapi tidak mampu mengisolasi gambar pada kedua anak itu saja. Senin lalu saya iseng mencoba cropping foto aslinya. Cropping/pemotongan gambar saya pilih untuk menonjolkan POI di kedua anak tersebut, dan supaya fotonya bisa bercerita (atau paling tidak bisa seirama dengan judulnya).

Jadi kesimpulannya : foto yang kurang jelas Point of Interest-nya bisa diakali dengan cropping (memotong gambar) pada bagian objek yang ingin ditonjolkan saja. Kesimpulan kedua : belilah lensa tele segera =)) (supaya lain kali bisa mengambil foto momen-momen langka dari kejauhan).

Leave a Reply