Soal Cuci Scan Film

Hasil Scan Dalam Bentuk CD

Saya baru tahu Adorama Lab Foto menyediakan jasa scan film juga. Daripada mencetak semua foto untuk menyortir yang jelek & yang bagus, lebih mudah bila hasilnya sudah dalam format digital (hasil scan-nya dalam format JPEG).

Sebelumnya saya selalu cetak semua film dalam format kecil (3R atau 4R), nanti tinggal diperbesar foto-foto yang menurut saya bagus. Cara ini tentu lebih boros, untuk cetak 3R atau 4R di Adorama saya harus membayar Rp 2300,-/lembar. Satu rol film ongkos cucinya sendiri Rp9.000,-, & jika semua film tidak ada yang gagal maka ada lebih kurang 36 berarti ada biaya cetak sebesar Rp82800m-. Totalnya sebesar Rp91.800,- dan belum tentu dari ketiga puluh enam foto itu saya suka dengan hasilnya. Ada saja yang perlu diseleksi karena salah eksposure, salah komposisi atau karena fotonya kabur/goyang. Dengan cara scanning, saya lebih fleksibel memilih frame mana yang akan dicetak. Ongkos scan sendiri dihitung per rol film, sebesar Rp55.000,- Jadi untuk 1 rol film saya perlu membayar Rp64.000,- termasuk ongkos cuci & mendapat 1 buah CD hasil scan-nya.

Hari Jumat lalu saya pergi ke Adorama (di Menteng) untuk ambil hasil cuci & scan 1 rol film Kodak BW400CN. Proses cuci & scan memakan waktu 1 hari, hari Selasa lalu harusnya sudah selesai tapi baru hari Jumat kemarin saya sempat mengambil hasilnya. Melihat hasil scannya sepertinya cukup baik, high resolution. Hanya sayang sepertinya teknisi Adorama melakukan digital editing terlebih dulu tanpa seizin saya. Mungkin karena beberapa frame dianggap terlalu gelap sehingga mereka melakukan olah digital yang berakibat bertambahnya noise di beberapa foto. Lain kali saya mungkin harus berpesan supaya filmnya di-scan apa adanya tanpa olah digital.

Rol film yang saya cuci scan kemarin sudah ada di dalam kamera Nikon FM2 sejak bulan September lalu (saya ingat memasang film itu di Belitung), sampai bulan Januari baru bisa saya habiskan 😀 Foto di bawah ini salah satu contoh hasilnya.

Clay Mine

Hasil scan foto tersebut saya olah lagi di Photoshop untuk menaikan kontras dan melakukan burning di beberapa area. Foto itu diambil di sekitar tambang kaolin Pulau Belitung saat saya mengunjungi Belitung bulan September lalu.

One thought on “Soal Cuci Scan Film

Leave a Reply