Evolusi Radio

Dulu saya pikir radio FM akan punah seiring majunya teknologi. Tapi sampai sekarang radio FM masih tetap eksis. Saya sendiri cukup sering mendengarkan radio, apalagi bila sedang terjebak macet di Jakarta. Ada kalanya bosan mendengarkan lagu dari CD atau MP3 di tape mobil. Mendengarkan radio punya keasyikan sendiri. Mendengarkan berita, celoteh penyiarnya, talk show seperti pergi dengan ditemani seseorang. Jadi rasanya selama Jakarta masih macet, radio FM sepertinya akan tetap eksis šŸ™‚

Tapi sepertinya radio-radio lokal juga sudah mengalami evolusi mengadaptasi teknologi. Sepertinya pemikiran saya salah kalau stasiun radio akan mati . Beberapa stasiun radio sekarang sudah menyediakan layanan live streaming via internet. Beberapa stasiun radio seperti GenFM 98.7MHz, CosmopolitanFM 90.4Mhz, JakFM 101Mhz bahkan sudah punya aplikasi streaming khusus untuk para pengguna gadget. Aplikasi mereka bisa diunduh secara gratis di Android Market atau Apple Store. Ini contoh tampilan aplikasi mereka :

20130113-225623.jpg

20130113-225639.jpg

Aplikasi bebas lain di Apple Store seperti Tune-inĀ juga bisa dipakai untuk mengakses siaran radio yang menyediakan fasilitasĀ streaming. Tidak terbatas untuk radio lokal, bahkan bisa dipakai untuk mendengarkan radio-radio streaming di seluruh penjuru dunia.

20130113-225656.jpg

Ketergantungan pada akses internet yang cukup kencang mungkin masih jadi kendala pengguna gadget di Indonesia. Pengalaman saya mendengarkan streaming radio , paling tidak akses internet di ponsel harus selevel 3G.

Leave a Reply