Menonton Taken 2

Dalam perjalanan menuju Sydney saya menonton Taken 2. Kebetulan dalam pesawat Qantas ini, Taken 2 tersedia di in-flight entertainment-nya. Film ini adalah sekuel dari film Taken (2008). Sekuel ini masih dibintangi oleh Liam Neeson (memerankan Bryan), Famke Janssen (memerankan Lenore istrinya Bryan), dan Maggie Grace (memerankan Kim sebagai anak perempuan Bryan) and. Sekuel ini sama tegangnya dengan film sebelumnya. Waktu menonton Taken beberapa waktu lalu, saya sebenarnya tidak sengaja menontonnya di HBO. Saya tidak sengaja memilih HBO dan secara kebetulan tertarik menonton sampai selesai. Taken 2 sebenarnya sudah ada dalam daftar film yang akan saya tonton. Saya sudah men-download-nya beberapa minggu lalu via Torrent. Hanya saja belum sempat menontonnya.

20130119-091656.jpg

Kali ini Taken 2 bercerita tentang penculikan terhadap Bryan dan istrinya saat mereka sekeluarga sedang berlibur di Istambul, Turki. Anak perempuannya berhasil lolos dari upaya penculikan karena memilih tinggal di hotel untuk berenang daripada pergi bersama kedua orang tuanya. Film ini memang bisa ditebak ujung ceritanya, Bryan sebagai mantan agen CIA akan mampu lolos dari penculikan, menghabisi semua penculiknya, dan menyelamatkan istrinya. Namun demikian sutradaranya mampu mengemas film ini sebagai film penuh ketegangan. Keseluruhan jalan cerita mampu dikemas menarik tanpa menimbulkan kesan lebay dari jagoannya.

Ada beberapa adegan keren dalam film ini. misalnya saat Kim dan ayahnya terlibat kejar-kejaran dengan para penculiknya. Mereka menggunakan taksi kuning (kalau tidak salah sepertinya mobil taksinya Mercedes Benz 300E). Adegan keren lain adalah bagaimana Bryan sebagai seorang mantan agen berhasil mengingat-ingat perjalanan dari tempat penculikan sampai ke tempat penyekapan, padahal kepalanya sudah ditutupi kain hitam. Dia mengenali jalur penculikannya dengan tetap menghitung dalam hati, sehingga dia tahu persis di detik ke berapa mobil berbelok. Dia juga berhasil menandai lokasi-lokasi penting dengan memperhatikan bunyi-bunyian sekeliling, misalnya mendengar suara adzan mesjid, peluit kapal, suara kicau burung, dsb.

Produk Apple turut muncul di dalam film ini. iPhone 4s dan iPad menjadi gadget yang dipakai para aktornya. iPhone 4s terus disorot saat Kim menerima instruksi dari ayahnya. Bryan dalam keadaan tersekap akhirnya bisa menelepon Kim dengan menggunakan telepon mata-mata yang terselip di sepatunya. iPad juga muncul saat Kim menggunakan iPad untuk melakukan video conference dengan pacarnya lewat Skype (suara khas login Skype dimunculkan juga).

Film yang menarik untuk ditonton, tapi saya sarankan Anda menonton dulu Taken sebelum menonton Taken 2. Secara keseluruhan menurut saya Taken 2 ini kalah serunya dengan Taken 1.

Leave a Reply