Rangkaian Kereta Dorong

20130302-212636.jpg

Apa yang terlintas di benak Anda bila melihat deretan kereta belanja seperti foto di atas? Tiap kali melihat deretan kereta dorong (troli) yang tersusun seperti itu, yang terlintas dalam benak saya adalah film The Terminal.

Di film tersebut Tom Hank berperan sebagai seorang turis yang terjebak di bandara JFK New York. Tokohnya bernama Viktor Navorski. Negaranya dilanda kudeta sehingga paspornya tidak diterima oleh imigrasi Amerika. Untuk kembali ke negaranya pun tidak mungkin karena negaranya sedang dalam kondisi perang.

Nah karena kebingungan berada di terminal bandara dan tidak punya uang untuk bertahan hidup, muncul idenya untuk mengumpulkan kereta dorong di bandara. Di bandara sana rupanya tiap kali seorang penumpang pesawat ingin menggunakan kereta dorong mereka harus memasukkan uang koin sebagai deposit. Uang tersebut bisa diambil kembali bila mereka mengembalikan kereta tersebut ke tempatnya setelah selesai digunakan. Ada mesin koin di tempat pengembalian kereta.

Viktor secara jenius menangkap peluang untuk mengumpulkan uang. Dia kembalikan kereta-kereta dorong yang ditinggalkan begitu saja oleh para penumpang. Lalu dia kembalikan ke mesin deposit. Sen demi sen dikumpulkan dari setiap kereta yang dikembalikannya. Sampai akhirnya dia bisa mengumpulkan banyak sekali kereta, disusun banyak sekali dalam 1 rangkaian lalu didorongnya sampai ke tempat pengembalian kereta. Makin banyak kereta yang dikembalikan, makin banyak koin yang keluar dari mesinnya.

Ya memang kereta dorong di film The Terminal berbeda dengan kereta belanja di Carrefour tadi. Tapi entahlah itu yang terpikir di benak saya bila melihat rangkaian kereta dorong yang disusun berangkai seperti itu.

Leave a Reply