Menyiapkan Windows 7 USB Bootable Di Macintosh

Beberapa hari lalu salah seorang rekan minta tolong saya untuk membantu menginstal Windows di laptopnya yang terkena virus. Sayangnya saya lupa di mana DCD installer Windows 7. Tapi untungnya saya masih menyimpan ISO file Windows 7. Saya putuskan untuk menggunakan USB sebagai media instalasi. Di Mac saya bisa membuat USB bootable untuk menginstal Windows 7 dengan menggunakan aplikasi BootCamp Assistant.

Untuk dapat menggunakan Boot Camp Assistant ini, kita perlu siapkan sebuah USB flashdisk berukuran paling tidak 4GB & juga file image Windows 7nya. Berikut contoh cara menggunakan BootCamp Assistant untuk menyiapkan USB Bootable Windows 7.

BootCamp Assistant dapat diakses dari folder Application atau dengan mengaksesnya lewat Spotlight seperti gambar di bawah ini :

usdboot-1

Berikut adalah contoh tampilan awal Boot Camp Assistant. Klik Continue untuk melanjutkan proses.

usdboot-2

Karena harddisk internal saya hanya punya sedikit ruang kosong, tadi sempat muncul peringatan seperti di bawah ini. Karena saya hanya perlu Boot Camp Assistant bukan untuk menginstal Windows ke dalam internal harddisk, maka saya bisa abaikan peringatan ini.

usdboot-3

Di halaman berikutnya hanya satu opsi yang diperlukan “Create a Windows 7 or later version install disk“. Opsi kedua untuk download Windows update tidak diperlukan, jadi bisa di-uncheck. Klik Continue untuk melanjutkan proses.

usdboot-4

Di halaman berikutnya Boot Camp Assistant akan meminta kita menentukan di mana kita menaruh ISO image Windows 7. Selain itu kita diminta juga untuk menentukan mana USB flashdisk yang akan dipakai sebagai media instalasi Windows.

usdboot-5

Boot Camp Assistant akan memberi peringatan bahwa semua data yang ada di dalam flashdisk akan dihapus.

usdboot-6

Saya tinggal klik Continue untuk melanjutkan proses. Boot Camp Assistant akan mulai mentransfer file-file instalasi Windows dari ISO image ke dalam USB flashdisk.

usdboot-7

Menjelang akhir proses transfer, saya diminta untuk memasukkan password Mac saya.

usdboot-8

Proses transfer Windows installer ini selesai dalam waktu lebih kurang 10 menit.

usdboot-9

Cukup simpel proses untuk membuat USB bootable ini. Setelah selesai saya bisa langsung pakai USB ini untuk menginstal Windows 7 ke dalam laptop teman saya tadi.

6 thoughts on “Menyiapkan Windows 7 USB Bootable Di Macintosh

  1. Kenapa di ane create a windows 7 instal disk nya ga terceklis ya gan? Ga bisa di ceklis juga. Padahal flashdisk udh ane pasang

    Mohon solusinya gan

Leave a Reply