Sinkronisasi Google Contact Dengan Mac, iPhone, & Android

Saya memilih untuk menaruh semua daftar nomor telepon di Google Contact. Dengan cara ini saya bisa melakukan sinkronisasi address book dengan beberapa perangkat (ponsel) secara mudah. Tidak perlu lagi pusing memindahkan daftar kontak dari ponsel yang satu ke ponsel yang lain. Selain itu saya anggap Google Contact ini sebagai sarana backup untuk semua daftar kontak saya. Saya juga bisa melakukan sinkronisasi Google Contact dengan aplikasi Contacts bawaan Mac OSX. Berikut cara melakukan sinkronikasi Google Contact di Mac OSX :

  • Buka aplikasi Contacts seperti di bawah ini :

  • Klik menu Contact di sebelah kiri atas lalu klik Preferences :

  • Sebenarnya sudah ada fitur bawaan untuk melakukan sinkronisasi dengan Google. Tapi entah kenapa setelah saya aktifkan tidak terjadi apapun. Jadi saya pilih cara selanjutnya, klik tanda + di bagian bawah seperti terlihat di gambar berikut ini :

  • Di menu Add Account ini pilih Account Type : CardDAV, lalu masukkan User name : alamat email Gmail & passwordnya, lalu terakhir masukkan Server address : google.com. Akhiri dengan klik tombol Create.

  • Bila hanya ingin melakukan sinkronisasi Contact saja, kita bisa hilangkan tanda centang pada pilihan Mail & Notes. Untuk mengakhiri proses klik lagi pada tombol Create.

  • Otomatis semua data dari Google Contact akan tersinkronisasi. Di bagian kiri Contacts akan muncul tampilan Google – All Google, di sanalah semua data dari Google Contact akan disimpan.

  • Ada kemungkinan Mac OS akan menampilkan peringatan seperti berikut ini :

Cukup tinggal klik Sync Contacts untuk melanjutkan proses sinkronisasinya.

Sementara di iPhone dan iPad cara melakukan sinkronisasi Google Contact adalah lewat menu “Mail, Contacts, Calendar”. Pastikan menu Contacts dalam posisi ON seperti gambar di bawah ini :

Di Android lebih mudah lagi karena secara default kita akan diminta memasukkan alamat email Gmail untuk bisa mengakses Google Play Store. Dari menu Setting pastikan Sync Contact untuk akun Googlenya sudah dicentang seperti tampilan berikut ini :

Bahkan ponsel Nokia pun sudah mendukung layanan sinkronisasi dengan Google Contact. Sayang saya belum punya screenshot-nya untuk ponsel Nokia 🙂

One thought on “Sinkronisasi Google Contact Dengan Mac, iPhone, & Android

Leave a Reply