Pasang SSD Mac Mini (part 2)

Samsung SSD 840 Pro Series

Setelah memiliki Data Doubler saya segera mencari referensi SSD yang cocok. Dari beberapa referensi di Internet, pilihan saya jatuh pada Samsung SSD tipe 840 Pro Series. Tipe ini katanya paling bagus kecepatan baca tulisnya. Sayangnya harganya relatif lebih mahal daripada kompetitor lainnya. Harganya hanya kalah oleh Intel SSD yang sementara ini paling mahal di pasaran.


Saya memutuskan untuk membeli SSD yang berukuran 128GB saja, kapasitas paling kecil tipe 840 Pro. Selain kapasitas yang paling kecil, SSD Samsung 840 Pro 128GB adalah yang paling murah di kelasnya. Di Bhinneka.com, SSD Samsung 840 Pro kapasitas 128GB dijual seharga Rp 2.117.500, -. Samsung punya varian lain yang lebih murah, yaitu tipe 840 & 840 Evo (berurut dari yang paling murah). Sampai hari ini harga SSD masih jauh lebih mahal beberapa kali lipat bila dibandingkan dengan harddisk konvensional. Untuk harga yang sama, saya bisa dapat harddisk biasa (ukuran 2.5″) dengan kapasitas 2 TeraByte, bayangkan….16x lipat kapasitasnya.

Memang terlalu kecil rasanya menggunakan media penyimpanan dengan kapasitas 128GB. Saya pun sudah merasakan repotnya memiliki komputer dengan media penyimpanan sebesar 128GB. MacBook Air saya cuma memiliki kapasitas SSD 128GB. Tidak mungkin menyimpan koleksi foto, musik, atau video di dalam SSD tadi. Lalu mengapa saya malah memilih SSD berukuran 128GB juga untuk Mac Mini? Saya memang berencana tidak akan menyimpan data-data di dalam SSD. Rencananya saya hanya akan menggunakan SSD untuk menyimpan OS & aplikasi-aplikasinya. Data yang lain akan saya simpan pada harddisk 500GB bawaan Mac Mini. Dengan kata lain, SSD akan menjadi “boot disk” sementara harddisk bawaan Mac Mini menjadi “data disk”.

SSD Samsung 840 Pro ini ukurannya mirip dengan harddisk 2.5“. Bedanya SSD ini terasa lebih ringan. Konektor SATAnya sudah mendukung SATA III yang katanya bisa mengalirkan data sampai kecepatan 6Gb/s. Kebetulan Mac Mini sudah memiliki port SATA III juga. Sama halnya seperti harddisk 2.5”, SSD ini dilengkapi dengan 8 buah lubang sekrup. Empat di bagian belakang, empat lainnya berada di sisi-sisi tertipisnya.


Mungkin tidak lama lagi SSD akan tersedia di pasaran dengan harga yang lebih terjangkau & dengan kapasitas yang lebih besar. Bukan suatu hal yang mustahil rasanya. Lihat saja perkembangan media penyimpanan USB flash disk. Sekarang flash disk ukuran 8GB sudah bisa didapat dengan harga puluhan ribu rupiah. Saya masih ingat betul sekitar tahun 2005 (saat masih kuliah) saya membeli flash disk pertama kalinya, merek Apacer dengan kapasitas 128MB (masih ukuran Megabyte) dengan harga Rp160.000,-. Dengan harga yang sama sekarang saya bisa mendapat flash disk ukuran 16GB. Oh ya kemarin Bhinneka memberi bonus USB flash disk 8GB juga 🙂 .

Leave a Reply